Rabu, 30 September 2015

Grafik Komputer Dan Multimedia


                                                       
                                                            
GRAFIKA KOMPUTER DAN MULTIMEDIA


Definisi Grafika Komputer

Grafika komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2 dimensi yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3 dimensi, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

Penggunaan grafika komputer.
 

  1. Desain
§  Digunakan untuk sistem engineering dan arsitektur
§  Menggunakan CAD (Computerp-aided Design) untuk mendesain mobil, bangunan, pesawat, kapal komputer dll
§  Desain dalam bentuk wireframe
§  Dapat dilihat dari semua sisi dengan memutar objek
§  Dilengkapi dengan animasi realtime




 2.      Grafik Presentasi


 §  Digunakan untuk presentasi bisnis, pendidikan: PT, Training, Penyuluhan
§  Bentuk : slide, berisi teks dan grafik.
§  Perangkat lunak : Power Point, Adhobe Flash
  
3.       Computer Art

§  Dapat dilihat pada Desktop Publishing, Advertising, dll
§  Perangkat lunak : Adhobe Photoshop, Photopaint, Page Maker dll
  
  4.       Pendidikan
§  CAL : Computer-aided Learning
§  CBE : Computer based Instruction
§  CMI : Computer Managed Instruction

Aplikasi bidang pengajaran dengan komputer sebagai alat bantu:
§  Drill and Practice (Latih dan praktek) CAI (Computer-aided Instruction) menggantikan pengajar untuk memberikan latihan kepada siswa.
§  Tutorial untuk menyampaikan materi pengajaran
§  Simulasi untuk mengkaji maslaah yang rumit dengan penyederhanaan
§  Game untuk menambah pengetahuan dan logika

Aplikasi bukan untuk pengajaran
§  Computer Assisted Testing – sebagai sarana ujian
§  Computer Assisted – sebagai sarana perbantuan
§  Computer Managed Instruction – untuk merencanakan, evaluasi dan pemantuan proses belajar mengajar.
  
5.         Hiburan
§  Film
§  Televisi
§  Music


6.        Visualisasi
 
§  Banyak digunakan dibidang kedokteran, biologi, nuklir analisis bisnis
§  Untuk menganalisi, dan memvisualisasikan dari angka ke grafik.
§  Misalnya pertmbuhan bisnis, analisa kemampuan dan potensin pasar

7.        Image Processing
 
§  Untuk memodifikasi dan menginterpretasi gambar yang ada.
§  Untuk meningkatkan kulitas gambar - adhobe
§  Untuk memberikan persepsi dari informasi visual seperti pada robotik
§  Persepsi visual pertumbuhan biji-bijian.

8.         Graphical User Interface - IMK

Untuk merancang antarmuka yang userfriendly. Perancanan menu, perancangan navigasi, ilustrasi background dan lain-lain.

 
    MULTIMEDIA

    Definisi :

  • Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
  • Kombinasi tiga eleman : suara, gambar dan text (Mc Cormick, 1996)
  • Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data. Media dapat berupa suara, musik, animasi, vidoe, grafik, text dan gambar (Turban dkk, 2002)
  • Pemanfaatan komputer untuk membuat danmenggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) denganmenggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofsetter, 2001)
 

Pentingnya Multimedia

  • Sebagai alat bersaing perusahaan
  • Mengubah hakikat membaca : Ebook
    • Pasif menjadi dinamis
    • Cakupan yang luas
    • Menghidupkan teks dengan bunyi, gambar, musik, animasi, dan video
    • Pencarian yang cepat
  • Menarik Indra dan menarik minat
    • Gabungan pandangan, suara dan gerakan
    • CTR (Computer Technology Research) : yang mampu diingat orang
      • 20 % dilihat
      • 30% didengar
      • 50% dilihat dan didengar
 
Sejarah dan Perkembangan multimedia

  • Kata multimedian berawal dari teater, bukan komputer
  • Dalam dunia komputer :
    • 1987 Diperkenalkan Hypercard oleh Apple
    • 1989 IBM mengenalkan software Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card.
    • Processor MMX
    • Precessor Pentium
 
  • Dalam Peralatan dan Industri
    • 1839 Daguerotape camera
    • 1893 Telephone Audio Broadcasting
    • 1895 Wireless Communication (Macroni)
    • 1895 Film Presentation (Lumiere Brothers)
    • 1919 Radio Broadcasting (Holland, Canada)
    • 1934 US Established FCC
    • 1935 TV Broadcasting (Germany, Britain)
    • 1941 US B & W TV
    • 1951 Videotape Recorder (Bing Crosby Enterprise)
    • 1953 US Color TV (NTSC)
    • 1963 Geostationary Satelites
    • ’70 an Fiber Optic Transmision
    • 1985 FCC Established ATSC
    • 1989 Analog HDTV Broadcasting (Japan)
    • 1996 ATSC Standar Adopted

 
  • Internet
TV Online, Video, Radio Online, Game nline
                                                               
  • CD-ROM

CD-Rom : Compact Disk Read Only Memory : 640 MG – 700 MB

  • DVD ROM

DVD – Rom : Digital Verstile Disk Rom : 4,7 GB 
  • Multimedia Bergerak
    • PDA : Personal Data Assisten
    • PC Tablet
    • Handphone
    • Smartphone
    • Phablet
 
Multimedia PC

Standar Sistem Komputer yang menyediakan fasilitas multimedia, memiliki :
  • CD Rom atau DVD Rom Drive
    • Menjalankan 8 bit / 16bit audio wave recording
    • Sintesis suara MIDI
    • Menayangkan/memutar MPEG movie
  • Processor yang cukup cepat
  • RAM yang besar
  • Microphone
  • Speaker
  • Audio / Sound Card
  • Video Card
MIDI : Musical Instrument Digital Interface

Tidak ada komentar:

Posting Komentar